Thursday, November 14, 2013

SKRIPSI PTK




SKRIPSI
PENDEKATAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS AKTIVITAS UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR AQIDAH AKHLAK SISWA KELAS VII DI MTS MUALLIMIN NW KELAYU,  KEC.  SELONG,  KAB.  LOMBOK TIMUR, TA. 2013

Diajukan Guna Melengkapi Tugas – Tugas dan Memenuhi Syarat untuk Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan Islam ( S.Pd.I)


Oleh:

 Nama    :  SAFWAN HARFI

                   Npm      :   09.01.01.0032



INSTITUT AGAMA ISLAM HAMZANWADI ( IAIH )
PANCOR FAKULTAS TARBIYAH JURUSAN
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ( PAI )
TAHUN AKADEMIK 2012/2013


Jurusan Pendidikan Agama Islam
Fakultas Tarbiyah
Institut Agama Islam Hamzanwadi Pancor
Jln. TGKH.M. Zainuddin Abdul Majid No. 70 Pancor Selong (83611) Lombok Timur NTB Telp. (0376) 22566


 


LEMBAR PERSETUJUAN

Skripsi Oleh      : SAFWAN HARFI
NPM                  : 09.01.01.0032
Dengan Judu: PENDEKATAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS AKTIVITAS UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR AQIDAH AKHLAK SISWA KELAS VII DI MTS MUALLIMIN NW KELAYU,  KEC.  SELONG KAB.  LOMBOK TIMUR, TA. 2013

Telah di Periksa dan disetujui
            Tanggal ,                             2013.



               Pembimbing I                                                 Pembimbing II




SUARIN NURDIN, S.Sos. MH                            Drs. MUKTI ALI, MA
NIS   : 041 9601 104                                              NIS :


                                                                       
                                                                       Pancor,                                 2013
     Hal : Munaqasah Skripsi

                       Kepada
            Yth. Bapak Dekan Fakultas Tarbiyah
                    IAI Hamzanwadi Pancor
                        di –
                                     Pancor

         Bismillahi Wabihamdihi,
         Assalamu’alaikum Wr.Wb

Setelah diperiksa dan diadakan perbaikan seperlunya, maka dengan ini dikirimkan naskah skripsi saudara :


Skripsi Oleh     : SAFWAN HARFI
NPM                : 09.01.01.0032

Program Studi  : PAI

     Judul        : PENDEKATAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS AKTIVITAS UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR AQIDAH AKHLAK SISWA KELAS VII DI MTS MUALLIMIN NW KELAYU,  KEC.  SELONG,  KAB.  LOMBOK TIMUR, TA. 2013


Diharapkan dalam waktu yang telah ditentukan nanti yang bersangkutan dapat dipanggil untuk ujian skripsi.


         Wallahulmuafiqu walhadi Ila sabilirrosyad,
         Wassalamu’alaikum wr.wb.

               Pembimbing I                                            Pembimbing II

           
SUARIN NURDIN, S.Sos. MH                            Drs. MUKTI ALI, MA
NIS   : 041 9601 104                                              NIS :
NOTA DINAS                                                       Pancor,                         2013                           
  
Lamp: 4 (Empat) Exempler
Hal   : Naskah Skripsi

                                                                     Kepada
                                                            Yth. Bapak Dekan Fakultas Tarbiyah
                                                                    IAI Hamzanwadi Pancor
                                                                   di –
                                                                                     Pancor

         Bismillahi Wabihamdihi,
         Assalamu’alaikum Wr.Wb

 

Setelah diperiksa dan diadakan perbaikan seperlunya, maka dengan ini dikirimkan naskah skripsi saudara :


Skripsi Oleh      :  SAFWAN HARI
NPM                 :  09.01.01.0032

Program Studi   :  PAI

    Judul                 :  PENDEKATAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS AKTIVITAS UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR AQIDAH AKHLAK SISWA KELAS VII DI MTS MUALLIMIN NW KELAYU,  KEC.  SELONG,  KAB.  LOMBOK TIMUR, TA. 2013

Diharapkan dalam waktu yang telah ditentukan nanti yang bersangkutan dapat dipanggil untuk ujian skripsi

Wallahulmuafiqu walhadi Ila sabilirrosyad,
 Wassalamu’alaikum wr.wb.

             Pembimbing I                                              Pembimbing II


SUARIN NURDIN, S.Sos. MH                            Drs. MUKTI ALI, MA
NIS   : 041 9601 104                                             NIS :


Jurusan Pendidikan Agama Islam
Fakultas Tarbiyah
Institut Agama Islam Hamzanwadi Pancor
Jln. TGKH.M. Zainuddin Abdul Majid No. 70 Pancor Selong (83611) Lombok Timur NTB Telp. (0376) 22566


 
PENGESAHAN TIM PENGUJI
Skripsi ini telah dipertahankan dan di syahkan di depan Tim Penguji Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Hamzanwadi Pancor

Pada hari         : SABTU
Tanggal           : 03 November 2013                       
Jam                  : 12.00
Tempat            : Ruang Fakultas Tarbiyah IAI Hamzanwadi Pancor

Skripsi ini benar-benar karya penulis dan apabila dikemudian hari ditemukan penyimpangan-penyimpangan penulis bersedia bertanggung jawab atas segala konsekwensinya.

TIM PENGUJI

1.               SUARIN NURDIN, S.Sos. MH                 ………………….......       
NIS : 041 9601 104   
KETUA SIDANG

                                                                       
2.     Drs. MUKTI ALI, MA                  
   NIS :                                                               ………………….......
      SEKRETARIS SIDANG

                                                                                            

3.          Drs. ALI FIKRI, MA    

NIS :                                                             …………………....... 

         PENGUJI   I


4.     IDAWATI, M.Pd
        NIS :0419601074                                                                    
         PENGUJI   II                                                 ………………….......





INSTITUT AGAMA ISLAM HAMZANWADI PANCOR
FAKULTAS TARBIYAH
STATUS TERAKREDITASI
SK.BAN-PT DEPDIKNAS RI NO. 09058/AK-X-S1-011/IAYPBI/VIII/2006
Jln. TGKH.M. Zainuddin Abdul Majid No. 70 Pancor Selong (83611) Lombok Timur NTB Telp. (0376) 22566
 


PENGESAHAN DEKAN

Skripsi Oleh             :  SAFWAN HARFI
NPM                        :  09.01.01.0032
Judul            : PENDEKATAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS AKTIVITAS UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR AQIDAH AKHLAK SISWA KELAS VII DI MTS MUALLIMIN NW KELAYU,  KEC.  SELONG,  KAB.  LOMBOK TIMUR, TA. 2013




Telah dapat diterima sebagai salah satu syarat untuk memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan Islam (S.Pd.I).

                                                   Pancor,                               2013
Dekan Fakultas Tarbiyah,


Dr. FATHURRAHMAN MUHTAR, S.S, M.Ag

  NIS : 041 9601 032

HALAMAN MOTTO DAN PERSEMBAHAN



 
 



4. H. MUNADI, S.Ag                   (Penguji II)  (_____________________)
    NIS :

         PENGUJI   II



MOTTO

الوطن ينتظر الكثير منك فتسلح للمستقبل با لعلم والخلق (قول)

Negeri, kampung halaman dan masyarakat menanti dan berharap banyak darimu, maka persiapkanlah untuk masa depan mu dengan ilmu dan akhlak yang mulia (Qaul)




PERSEMBAHAN

Kupersembahkan skripsi ini kepada :
v  Ayah (Miskuddin) dan Ibuku (Rohaniah) tercinta, yang selama ini telah mengasuh dan mendidikku dengan penuh ketabahan dan kesabaran dalam memberikan bimbingan dan dorongan Dan rela banting tulang peras keringat untuk membiayaiku untuk menyelesaikan studiku di IAI Hamzanwadi ini
v  Kakak-Kakakku (Khairul Wazni, Ru’yatul Laili, S.Pd.I, Hasanul Fikri, S.Pd.I ), dan adikku ( Abd Muin Rohyadi, Misrohul Fajri ) tercinta yang banyak memberikan bantuan moril maupun materil selama menyelesaikan studi di Institut Agama Islam Hamzanwadi (IAIH ) Pancor,
v  Untuk org yang sfesial ( Syafa’atul Ummah ) yang telah banyak memberikan dukungan dan smangat sampai skripsi ini terselesaikan.
v  Teman – temanku yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu namanya yang telah banyak memberikan saran dan motivasi dalam pembuatan skripsi ini
ABSTRAK


Safwan Harfi. NPM. 09.01.01.0032. Pendekatan Model Pembelajaran Berbasis Aktivitas Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Aqidah Akhlak Siswa Kelas Vii Di Mts Muallimin NW Kelayu,  Kec.  Selong,  Kab.  Lombok Timur, Ta. 2013. Skripsi Jurusan Tarbiyah Program Studi Pendidikan agama Islam. Institut Agama Islam Hamzanwadi. Pancor. 2013

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar akidah akhlak di MTs Muallimin NW Kelayu. Kec. Selong. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak dengan menggunakan model pembelajaran berbasis aktivitas.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang telah dilakukan dalam tiga siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas VII MTs Muallimin NW Kelayu yang berjumlah 21 orang. Objek penelitiannya adalah model pembelajaran berbasis aktivitas.

Adapun metode penelitian yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif deskriptif yaitu berusaha menguraikan pemecahan masalah yang ada berdasarkan teknik deskriptif kualitatif.

Berdasarkan nilai tes akhir siklus, terjadi peningkatan dari siklus I, ke siklus II dan siklus III. Dalam siklus I nilai rata-rata siswa 75, siklus II nilai rata-rata siswa 79, dan pada siklus III mengalami peningkatan yang sangat baik dengan nilai rata-rata 87 . dari segi persentasi ketuntasan belajar siswa dalam satu kelas, ketuntasan belajar siswa pada siklus II lebih tinggi dari siklus I dan siklus III lebih tinggi dari siklus II, yakni pada siklus I dengan nilai 75, siklus II 79, dan siklus III 87, maka ini bisa dikatakan memuaskan sehingga dari hasil siklus III ini sudah melebihi target dalam penelitian, sehingga tidak perlu lagi dilanjutkan dalam siklus berikutnya.

Berdasarkan hipotesis maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis aktivitas dapat meningkatkan motivasi berprestasi dan penguasaan konsep siswa mata pelajaran Aqidah Akhlak pokok pembahasan Sifat-sifat Allah SWT di MTs. Mu’allimin NW Kelayu tahun pelajaran 2013/2014.

Kata Kunci: Pendekatan, model pembelajarn berbasis aktivitas, motivasi belajar
KATA PENGANTAR

بسم الله وبحمده

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته


Puji dan syukur penulis panjatkan ke hadirat Allah SWT karena atas limpahan Rahmat, Taufik, Hidayah dan inayah-Nya sehingga skripsi ini dapat diselesaikan dalam rangka memenuhi satu syarat untuk memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan Islam pada Institut Agama Islam Hamzanwadi Pancor.
Shalawat dan Salam tercurahkan kepada Nabi Muhammad SAW yang telah memperjuangkan Agama Islam, sehingga kita dapat merasakan manisnya iman dan Islam sampai akhir hayat.
Di dalam penulisan skripsi ini penulis mendapatkan bantuan berupa bimbingan dan sumbangan pikiran dari semua pihak karena itu sudah sepantasnya penulis mengucapkan banyak terima kasih. Di samping itu penghargaan yang tinggi penulis ucapkan kepada :
1.      Bapak Dr. TGKH. Muhammad Zainul Majdi, MA, selaku Rektor IAI Hamzanwadi Pancor
2.      Bapak Dr. Fathurrahman Muhtar, SS., M.Ag, selaku Dekan Fakultas Tarbiyah IAI Hamzanwadi Pancor
3.      Bapak Azhari Fathurrohman, M.Pd selaku Ketua Jurusan                    
4.      Bapak Suarin Nurdin, S.Sos. MH selaku Dosen Pembimbing I dan Drs. Mukti Ali, MA selaku Pembimbing II yang telah banyak meluangkan waktu dalam membimbing penulis dalam penyusunan skripsi ini
5.      Semua pihak yang telah membantu penulis dalam penyusunan skripsi ini, Semoga atas bantuan dan bimbingan yang diberikan kepada penulis mendapat pahala dan ganjaran dari Allah SWT.
Penulis menyadari bahwa penyusunan skripsi ini tentunya masih terdapat banyak kekeliruan dan kekurangan oleh karena itu tegur sapa serta kritik yang konstruktif  sangat diharapkan demi kemurnian dan kesempurnaan ilmu pengetahuan. Akhirnya penulis mengharapkan, skripsi ini dapat memberikan manfaat bagi penulis khususnya dan bagi pembaca umumnya semoga. Amin.

والله الموافق والهادى الى سبيل الرشاد
والسلام عليكم ورحمة الله وبركاته


                                                          
                 Pancor,  06 Juni 2013


                                                                                   

                                                                                       Penulis,











DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL ........................................................................................      i
LEMBER PER SETUJUAN...........................................................................    iii
NOTA DINAS....................................................................................................     v
LEMBAR PENGESAHAN .............................................................................   vii
MOTTO DAN PERSEMBAHAN................................................................... viii
ABSTRAK ........................................................................................................    x
KATA PENGANTAR......................................................................................    xi
DAFTAR ISI .....................................................................................................    xi
BAB I PENDAHULUAN.................................................................................     1
A. Latar Belakang............................................................................................. 1
B. Rumusan Masalah........................................................................................ 4
C. Tujuan Penelitian.......................................................................................... 4
D. Manfaat Penelitian....................................................................................... 5
E.
BAB II KAJIAN PUSTAKA...........................................................................     7
  1. Pengertian Pendekatan Pembelajaran......................................................     7
  2. Pendekatan Berbasis Aktivitas................................................................     8
  3. Motivasi Belajar Akidah Akhlak.............................................................   10
1.   Pengertian Motivasi.............................................................................   10
2.   Jenis-jenis Motivasi.............................................................................   11
3.   Prinsip-prinsip Motivasi.......................................................................   12
  1. Aqidah Akhlak .......................................................................................   18
1.   Pengertian Akidah...............................................................................   18
2.   Pengertian Akhlak...............................................................................   18
3.   Jenis-jenis Akhlak................................................................................   19
4.   Pembelajaran Akidah Akhlak..............................................................   19
  1. Hipotesis .................................................................................................   20
BAB III METODOLOGI PENELITIAN....................................................      21
  1. Jenis Penelitian.........................................................................................   21
1.    Metode Penelitian Yang Digunakan...................................................   21
2.    Jenis Pendekatan Penelitian................................................................   22
  1. Tempat dan Waktu Penelitian..................................................................   19
1.    Tempat Penelitian................................................................................   22
2.    Waktu Penelitian.................................................................................   22
  1. Desain Penelitian.....................................................................................   22
  2. Populasi dan Sampel................................................................................   23
  3. Teknik Pengumpulan Data.......................................................................   23
  4. Teknik Analisis Data................................................................................   26
  5. Instrument Penelitian...............................................................................   26
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN..........................................................   24
A.  Hasil Penelitian........................................................................................  27
B.  Pembahasan..............................................................................................  43
BAB V SIMPULAN DAN SARAN.................................................................   45
A.    Simpulan..................................................................................................   45
B.  Saran ......................................................................................................   45
DAFTAR PUSTAKA.......................................................................................   50 LAMPIRAN
 








BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Pendidikan adalah investasi jangka panjang yang memerlukan usaha dan dana yang cukup besar, hal ini diakui oleh semua orang atau suatu bangsa demi kelangsungan masa depannya. Demikian halnya dengan dengan Indonesia menaruh harapan besar terhadap pendidik dalam perkembangan masa depan bangsa ini, karena dari sanalah tunas muda harapan bangsa sebagai generasi penerus dibentuk.
Meski diakui bahwa pendidikan adalah investasi besar jangka panjang yang harus ditata, disiapkan dan diberikan sarana maupun prasarananya dalam arti modal material yang cukup besar, tetapi sampai saat ini Indonesia masih berkutat pada problematika (permasalahan) klasik dalam hal ini yaitu kualitas pendidikan. Problematika ini setelah dicoba untuk dicari akar permasalahannya adalah bagaikan sebuah mata rantai  yang melingkar dan tidak tahu darimana mesti harus diawali.
Dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, maka peningkatan mutu pendidikan suatu hal yang sangat penting bagi pembangunan berkelanjutan di segala aspek kehidupan manusia. System pendidikan nasional senantiasa harus dikembangkan sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan yang terjadi baik di tingkat local, nasional, maupun global.[1]
Seiring perkembangan masyarakat yang ditandai oleh perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, tuntunan adanya kurikulum yang sesuai dengan zamannya yang relevan. Menjawab tuntutan tersebut pemerintah telah menyempurnakan kurikulum 1994 menjadi kurikulum 2004 atau kurikulum berbasis kompetensi (KBK). Bahkan, sekarang KBK sudah semakin disempurnakan dengan diterapkannya kurikulum 2006 yang lebih dikenal dengan KTSP. KTSP merupakan singkatan kurikulum tingkat satuan pendidikan, yang dikembangkan sesuai dengan satuan pendidikan, potensi sekolah/daerah, karakteristik sekolah/daerah, sosial budaya masyarakat setempat, dan karakteristik peserta didik.
Motivasi belajar yang rendah merupakan masalah utama yang dijumpai di beberapa negara yang sedang berkembang. Berbagai penyebab motivasi belajar yang rendah diantaranya adalah kualitas teknologi pengajaran yang kurang bermutu, pendidikan orang tua yang rendah dan angka ketidakhadiran anak di sekolah yang tinggi, sehingga menyebabkan kualitas pendidikan yang ada di Indonesia menjadi menurun.
Pendidikan merupakan proses interaksi antara pendidik (orang tua, pengasuh, guru atau pamong belajar) dengan anak secara terencana dan di tujukan untuk mencapai tujuan. [2]
Fakta dilapangan menunjukkan bahwa banyak siswa kelas VII MTs Muallimin NW Kelayu bersikap pasip ketika berlangsung pembelajaran dikelas selama pembelajaran berlangsung siswa menjadi pendengar yang baik. Ketika guru mejelaskan materi pelajaran kebanyakan mereka diam. Demikianpun ketika guru memberikan pertanyaan, sebagian besar siswa diam tanpa komentar. Apalagi ketika guru meminta agar siswa bertanya, merekapun diam. Fakta ini dilatar belakangi karena siswa kurang diberikan strategi pembelajaran yang memadai. Oleh sebab itu dalam proses pembelajaran di sekolah dibutuhkan kreativitas dan keaktifan seorang pengajar dalam membuat strategi belajar mengajar semenarik mungkin sehingga menimbulkan motivasi belajar siswa khususnya materi aqidah akhlak.
Sebagaimana dijelaskan di atas bahwa proses belajar yang menarik dan aktif adalah keinginan setiap praktisi pendidikan. Seorang guru dalam sebuah proses belajar mengajar dituntut untuk menggunakan berbagai metode yang menarik untuk menciptakan proses belajar yang kondusif. Salah satu metode yang menarik dalam proses belajar mengajar adalah metode pendekatan aktivitas, dimana dalam prosesnya lebih mengedepankan atau berpusat pada keaktifan siswa dalam proses belajar mengajar (Student Center). Dengan pembelajaran yang lebih menekankan pada keaktifan siswa (Student Activity) diharapkan mampu meningkatkan motivasi belajar yang pada akhirnya juga diikuti dengan hasil atau prestasi belajar sesuai dengan tujuan pendidikan.
Fenomena di atas menunjukkan bahwa proses pembelajaran dengan menekankan pada aktivitas siswa perlu dilaksanakan secara terus menerus. Hal ini dapat dilakukan apabila pola interaksi antara guru dan siswa terjalin dengan baik. Namun hal lain yang juga sangat penting dalam melaksanakan kegiatan tersebut demi meningkatkan motivasi belajar dan aktivitas siswa dalam proses belajar mengajar adalah kemampuan guru dalam merencanakan suatu proses kegitan belajar mengajar sehingga tercapai tujuan pembelajaran.
Berdasarkan latar belakang diatas, peneliti termotivasi untuk melakukan sebuah penelitian tindakan kelas dengan berfokus pada peningkatan motivasi belajar siswa dalam bidang aqidah akhlak melalui kegiatan pembelajaran berbasis aktivitas.
B.      Rumusan Masalah
 Berdasarkan pada latar belakang tersebut diatas, maka dalam penelitian ini peneliti dapat merumuskan fokus penelitian sebagai berikut : “ Apakah pendekatan berbasis aktivitas dapat meningkatkan motivasi belajar Aqidah Akhlak  pada siswa kelas VII di MTs Mu’allimin NW Kelayu Tahun Pelajaran 2013/2014 “ ?
C.     Tujuan Penelitian
Berdasarkan pada rumusan masalah tersebut, maka penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui “Pendekatan berbasis aktivitas dalam meningkatkan motivasi belajar Aqidah Akhlak pada siswa kelas VII di MTs Mu’allimin NW Kelayu  tahun pelajaran 2013/2014.”
D.    Manfaat Penelitian
Dari penelitian ini nantinya diharapkan dapat memberikan manfaat bagi khazanah keilmuan :
1)   Secara teoritis, penelitian tindakan kelas ini diharapkan dapat menghasilkan temuan-temuan mengenai strategi pembelajaran dengan menggunakan pendekatan berbasis aktivitas pada mata pelajaran aqidah akhlak  pada siswa MTs Muallimin NW Kelayu kelas VII tahun pelajaran 2013/2014.
2)   Secara praktis, penelitian tindakan kelas ini bisa bermanfaat bagi :
a.    Guru Madrasah Tsanawiyah
Menambah wawasan dan pengetahuan dalam meningkatkan kualitas pendidikan bidang aqidah akhlak pada siswa kelas V1I Madrasah Tsanawiyah Muallimin NW Kelayu kelas VII melalui implementasi strategi pembelajaran dengan menggunakan pendekatan berbasis aktivitas, dan pada MTs umumnya.
b.    Siswa Madrasah Tsanawiyah
Untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dengan menggunakan pendekatan berbasis aktivitas khususnya materi Aqidah Akhlak
c.    Lembaga Madrasah Tsanawiyah
Sebagai satu masukan atau solusi untuk mengetahui hambatan dan kelemahan penyelenggaraan pembelajaran serta sebagai upaya untuk memperbaiki dan mengatasi masalah-masalah pembelajaran yang dihadapi di kelas, sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dengan harapan akan diperoleh hasil prestasi yang optimal demi kemajuan lembaga sekolah.
Sebagai masukan dalam pelaksanaan proses pembelajaran agar mengikuti, memperhatikan, dan menerapkan hasil yang diperoleh dari penelitian ini, sehingga kelemahan pelaksaan dalam proses belajar mengajar di lapangan pendidikan dapat diperbaiki sesuai dengan rekomendasi dari hasil - hasil penelitian tindakan kelas.
E.     Pengertian Operasional
Agar tidak terjadi kesimpang siuran dalam penafsiran judul skripsi ini maka penulis memandang perlu untuk menjelaskan beberapa istilah yang terdapat dalam judul skripsi tersebut diatas. Adapun idstilah-istilah yang perlu dijelaskasn adalah :
1.      Pendekatan Pembelajaran
Pendekatan pembelajaran adalah cara mengelola kegiatan belajar dan perilaku siswa agar ia dapat aktif melakukan tugas belajar sehingga dapat memperoleh hasil belajar secara optimal[3]
2.      Aktivitas
Aktivitas diartikan sebagai keaktifan dari suatu kegiatan (Alwi, 2001). Jadi aktivitas diartikan sebagai segala kegiatan yang dilakukan oleh siswa baik diluar maupun di dalam sekolah tentang persoalan terhadap segala sesuatu selama proses belajar mengajar khususnya menanyakan sesuatu kepada guru.[4]
3.      Motivasi Belajar
Mc. Donald dalam psikologi belajar mengatakan bahwa, motivation is a energy change within the person characterized by affective arousal and anticipatory goal reaction. Motivasi adalah suatu perubahan energy didalam peribadi seseorang yang ditandai dengan timbulnya afektif (perasaan) dan reaksi untuk mencapai tujuan[5]

4.      Akidah Akhlak
Aqidah adalah dasar-dasar pokok kepercayaan atau keyakinan hati seorang muslim yang bersumber dari ajaran Islam yang wajib dipegangi oleh setiap muslim sebagai sumber keyakinan yang mengikat.[6]


BAB II
KAJIAN PUSTAKA
A.      Pengertian pendekatan pembelajaran
Pendekatan pembelajaran dapat diartikan sebagai titik tolak atau sudut pandang kita terhadap proses pembelajaran, yang merujuk pada pandangan tentang terjadinya suatu proses yang sifatnya masih sangat umum, di dalamnya mewadahi, menginsiprasi, menguatkan, dan melatari metode pembelajaran dengan cakupan teoretis tertentu.
Dari pendekatan pembelajaran yang telah ditetapkan selanjutnya diturunkan ke dalam strategi pembelajaran. Newman dan Logan (Abin Syamsuddin Makmun, 2003) mengemukakan tiga unsur strategi dari setiap usaha, yaitu
1. Mengidentifikasi dan menetapkan spesifikasi dan kualifikasi hasil (out put) dan sasaran (target) yang harus dicapai, dengan mempertimbangkan aspirasi dan selera masyarakat yang memerlukannya.
2. Mempertimbangkan dan memilih jalan pendekatan utama (basic way) yang paling efektif untuk mencapai sasaran.
3. Mempertimbangkan dan menetapkan langkah-langkah (steps) yang akan dtempuh sejak titik awal sampai dengan sasaran.[7]
B.       Pendekatan Berbasis Aktivitas
Dalam aktivitas pembelajaran di sekolah, guru harus mengusahakan agar siswa dapat melakukan proses belajar secara efektif agar memperoleh hasil pembelajaran yang sebaik-baiknya. Dalam kemajuan metodologi proses belajar mengajar saat ini asas aktivitas (Student activity) lebih di tonjolkan melalui suatu program unit activity, sehingga kegiatan belajar siswa menjadi dasar untuk mencapai tujuan dan hasil belajar yang lebih memadai.
Dari beberapa macam aktivitas menunjukkan bahwa dalam kegiatan belajar mengajar, aktivitas siswa sangat diperlukan dalam memenuhi tujuan pengajaran. Sehingga dalam suatu kegiatan pengajaran, aktivitas siswa harus disesuaikan dengan materi pengajaran yang akan disampaikan oleh guru kepada siswa.
Kegiatan-kegiatan atau aktivitas jasmani dan rohani yang dapat dilakukan disekolah menurut hasil penelitian yang dilakukan oleh Paul B. Diedrich meliputi: (1) Visual activities. (2) Oral activities. (3) Listening activities. (4) Writing activities. (5) Darawing activities. (6) Motor activities. ('7) Mental activities. (8) Emotional Activities. Adapun penjelasannya sebagai berikut :
1)      Visual activities. Yang termasuk kegiatan ini adalah membaca, meilihat gambar-gambar, mengamati eksperimen, demonstrasi, pameran, dan mengamati orang lain bekerja atau bermain.
2)      Oral activities. Kegiatan mengemukakan suatu fakta atau prinsip, menghubungkan suatu kejadian, mengajukan pertanyaan, memberi saran, mengemukakan pendapat, wawancara, diskusi, dan instrupsi adalah implementasi dari kegiatan lisan.
3)      Listening activities. Dalam proses belajar mendengarkan adalah salah satu hal yang dilakukan, karena melalui aktivitas ini seorang siswa dapat memahami bahan pelajaran yang diajarkan.
4)      Writing activities, misalnya: menulis cerita, laporan, mengarang, membuat rangkuman, mengerjakan tes dan mengisi angket.
5)      Drawing activities, seperti membuat grafik, chart, diagram, dan lain sebagainya.
6)      Motor activities. Kegiatan dalam bidang metrik antara lain melakukan percobaan, memilih alat-alat, melaksanakan pameran, membuat model, menyelenggarakan permainan, menari dan berkebun.
7)      Mental activities, meliputi memecahkan masalah, mengingat, menganalisis, melihat hubungan - hubungan dan membuat keputusan.
8)      Emotional activities. Kegiatan- kegiatan daiam kelompok ini terdapat dalam semua jenis kegiatan dan overlap satu sama lain. Dari kegiatan ini diharapkan bisa menimbulkan minat, berani, tenang, dan lain- lain.[8]

Dari beberapa macam aktivitas diatas menunjukkan bahwa dalam kegiatan belajar mengajar, aktivitas siswa sangat diperlukan dalam memenuhi tujuan pengajaran. Sehingga dalam suatu kegiatan pengajaran, aktivitas siswa harus disesuaikan dengan materi pengajaran yang akan disampaikan oleh guru kepada siswa.
C.    Motivasi Belajar Aqidah Akhlak
1.      Pengertian Motivasi
Banyak para ahli yang sudah mengemukakan pengertian motivasi dengan berbagai sudut pandang mereka masing-masing, namun intinya sama, yakni sebagai pendorong yang mengubah energy dalam diri seseorang kedalam bentuk aktivitas nyata untuk mencapai tujuan tertentu.
Mc. Donald dalam psikologi belajar mengatakan bahwa, motivation is a energy change within the person characterized by affective arousal and anticipatory goal reaction. Motivasi adalah suatu perubahan energy didalam peribadi seseorang yang ditandai dengan timbulnya afektif (perasaan) dan reaksi untuk mencapai tujuan.[9]





Motivasi pada dasarnya merupakan dorongan yang muncul dari dalam diri sendiri untuk bertingkah laku. Motivasi belajar adalah sesuatu yang mendorong siswa untuk erperilaku yang langsung menyebabkan munculnya perilaku dalam belajar.[10]
Menurut Eysenk dan kazvan­katuan motivasi dirumuskan sebagai suatu proses yang menentukan suatu tingkatan kegiatan, intensitas, konsistensi, serta arah umum dari tingkah laku manusia, merupakan konsep yang rumit dan berkaitan dengan konsep-konsep seperti minat, bakat, konsep diri, sikap dan sebagainya.
Berdasarkan beberapa pendapat dari para ahli diatas penulis menyimpulkan bahwa motivasi belajar aqidah akhlak adalah suatu kekuatan (Power), tenaga (Forces), serta daya (Energy), atau suatu keadaan yang sangat kompleks (A Complex State) dan kesiapsedian (Preparatory Set), dalam diri individu untuk bergerak (To A-love, Alotion, Motive) kearah tujuan tertentu, baik disadari atau tidak disadari dan dalam hal ini mengenai semua aspek dalam bidang aqidah akhlak. Motivasi tersebut timbul dan tumbuh dari dalam diri individu (Instrinsik) dan dari luar diri individu (Ekstrin,sik)
2.      Jenis - Jenis Motivasi
Salah satu fungsi pengajaran adalah memberikan motivasi kepada siswa agar mereka bisa melaksanakan tugas - tugasnya dengan sebaik mungkin secara efektif dan produktif. Adapun mengenai motivasi terbagai menjadi dua macam, yaitu : motivasi instrinsik dan motivasi ekstrinsik.
a.       Motivasi Instrinsik (Instrinsic Motivation)
Motivasi Instrinsik adalah motif - motif yang menjadi aktif atau berfungsinya tidak perlu dirangsang dari luar, karena dalam diri individu sudah ada dorongan untuk melakukan sesuatu. Dengan kata lain motivasi intrinsik adalah motivasi atau dorongan yang timbul dari dalam diri siswa sendiri, misalnya keinginan untuk mendapatkan keterampilan tertentu, keinginan untuk beramal, keinginan untuk menguasai nilai - nilai yang terkandung dalam pelajaran yang diajarkan, bukan karena keinginan lain seperti mendapat pujian, hadiah, nilai yang tinggi, dan lain sebagainya.
b.      Motivasi Ekstrinsik (Ekstrinsic Motivation).
Motivasi ekstrinsik merupakan kebalikan dari motivsi instrinsik. Motivsi ekstrinsik adalah motif-motif yang aktif dan berpungsi karena adanya perangsang dari luar.[11]

Bila seseorang telah memiliki motivasi instrinsik dalam dirinya, maka ia secara sadar akan melakukan suatu kegiatan yang tidak memerlukan motivsi dari luar dirinya. Dalam ak-tivitas belajar, motivasi instrinsik sangat dibutuhkan. Seseorang yang tidak memiliki motivasi instrinsik sulit sekali melakukan ak-tivits belajar secara terus menerus. Perlu ditegaskan, bahwa anak didik yang memiliki motivasi instrinsik cenderung akan menjadi orang yang terdidik, berpengetahuan, memiliki keahlian tertentu dan gemar belajar.
3.      Prinsip- Prinsip Motivasi
Beberapa prinsip motivasi yang dapat dijadikan pedoman dalam proses belajar mengajar, antara lain :
a.    Prinsip Kompetisi
Prinsip kompetisi adalah persaingan secara sehat, baik inter maupun antar pribadi. Kompetisi inter pribadi (Self Competition) adalah kompetisi dalam diri pribadi masing-masing dari tindakan atau unjuk kerja dalam dimensi tempat dan waktu. Sedangkan kompetisi antar pribadi adalah persaingan antara individu yang satu dengan yang lain. Dengan adanya persaingan yang sehat, dapat ditimbulkan motivasi untuk bertindak secara lebih baik. Salah satu bentuk misainya perlombaan karya tulis, lomba menjadi sisura teladan, lomba keterampilan dan lain sebagainya. Kompetisi juga dapat dilakukan antar sekolah untuk mendorong siswa melakukan berbagai upaya unjuk kerja belajar yang baik.
b.    Prinsip Pemacu
Dorongan untuk melakukan berbagai tindakan akan terjadi apabila ada pemacu tertentu. Pemacu ini dapat berupa informasi, nasehat, amanat, percontohan, dan lain-lain. Dalam hal ini motif teratur untuk mendorong agar selalu melakukan berbagai tindakan dan unjuk kerja melalui konsultasi pribadi, nasehat atau amanat dalam upacara, ceramah keagamaan, bimbingan, pembinaan, dan lain sebagainya.
c.    Prinsip ganjaran dan hukuman
Ganjaran yang diterima seseorang dapat meningkatkan motivasi untuk melakukan sesuatu yang menimbulkan ganjaran itu. Setiap unjuk kerja yang baik apabila diherikan sebuah reward yang memadai cenderung akan menimbulkan motivasi. Misalnya pemberian hadiah kepada siswa yang berprestasi. Selain prinsip ganjaran, prinsip hukuman juga dapat menimbulkan motivasi siswa untuk tidak lagi melakukan tindakan yang menyebabkan hukuman itu. Hal yang harus diterapkan secara proporsional dan benar-benar dapat memberikan motivasi.
d.   Prinsip Kejelasan Dan Kedekatan Tujuan
Makin jelas dan makin dekat suatu tujuan, maka makin mendorong seseorang untuk melakukan tindakan. Sehubungan dengan prinsip ini, maka seyogyanya setiap siswa memahami tujuan belajarnya secara jelas.
Hal itu dapat dilakukan dengan memberikan penjelasan suatu tujuan dari tindakan yang diharapkan. Cara lain adalah dengan membuat tujuan-tujuan yang masih umum dan jauh menjadi tujuan yang khusus dan lebih dekat.
e.    Pemahaman Hasil
Dalam uraian diatas, telah dikemukakan bahwa hasil yang dicapai seseorang merupakan balikan dari apa yang telah dilakukannya, dan itu semua dapat memberikan motivasi untuk melakukan tindakan selanjutnya. Perasaan sukses yang ada pada diri seseorang akan mendorongnya untuk selalu memelihara dan meningkatkan kerja agar terus menjadi lebih baik lagi.
Pengetahuan tentang balikan, memiliki kaitan erat dengan kepuasan yang dicapai. Sehubungan dengan hal tersebut, para pengajar seyogyanya selalu memberikan balikan kepada setiap unjuk kerja yang telah dihasilkan oleh setiap siswa. Misalnya mengembalikan tugas-tugas yang telah dibuat siswa dengan nilai dan komentarnya. Umpan balik (Feedback) seperti ini akan sangat bermanfaat untuk mengukur derajat hasil belajar yang telah dihasilkan untuk keperluan perbaikan dan peningkatan selanjutnya. Para siswa hendaknya selalu dipupuk untuk memiliki rasa sukses dan terhindar dari berkembangnya rasa gagal.
f.     Pengernbangan Minat
Minat dapat diartikan sebagai rasa senang atau tidak senang dalam menghadapi suatu objek. Prinsip dasarnya adalah motivasi seseorang cenderung akan meningkat apabila yang bersangkutan memiliki minat yang besar dalam melakukan tindakannya. Dalam hubungan ini motivasi dapat dilakukan dengan jalan menimbulkan atau mengemhangkan minat siswa dalam melakukan kegiatan belajar. Dengan demikian siswa akan memperoleh kepuasan dan unjuk kerja yang baik. Pada akhimya dapat menumbuhkan motivasi belajar secara efektif dan produktif.
g.    Lingkungan Yang Kondusif
Lingkungan kerja yang kondusif, baik lingkungan fisik, sosial, maupun psikologis, dapat menumbuhkan dan mengembangkan motif untuk bekerja dengan baik dan produktif. Untuk itu dapat diciptakan lingkungan fisik yang sebaik mungkin, misalnya kebersihan ruangan, tata letak, fasilitas, dan sebagainya. Demikian pula lingkungan sosial­psikalagis seperti hubugan antar pribadi, kehidupan kelompok, kepimimpinan, promosi, bimbingan, kesempatan untuk maju, kekeluargaan dan sebagainya.
h.    Keteladanan
Prilaku guru secara langsung atau tidak langsung mempunyai pengaruh terhadap prilaku murid yang sifatnya positif maupun negatif. Prilaku guru dapat meningkatkan motivasi belajar. Sehubungan dengan itu, maka sangat diharapkan agar prilaku guru dapat menjadi sumber keteladanan bagi para siswanya. Dengan contoh-contoh yang dapat diteladani, para siswa dapat lebih meningkatkan produktivitas belajar mereka.[12]
Sehubungan dengan hal diatas, ada beberapa prinsip belajar dan motivasi yang disampaikan oleh Hamalik (2002), agar mendapatkan perhatian dari pihak perencana pengajaran khususnya dalam merencanakan kegiatan belajar mengajar.
Prinsip tersebut dapat digunakan oleh pendidik dalam peningkatan motivasi peserta didik dalam mengikuti belajar mengajar, sehingga didapatkan prestasi belajar yang optimal, diantaranya:
1)      Kebermaknaan.Suatu bidang studi akan lebih bermakna bagi siswa apabila guru herusaha menghubungkannya dengan pengalaman yang mereka miliki sebelumnya (masa lampau). Sesuatu yang menarik minat dan bernilai tinggi bagi siswa berarti bermakna baginya. Oleh sebab itu guru hendaknya berusaha menyesuaikan pelajaran dengan minat para siswanya, dengan cara memberikan kesempatan kepada siswa berperan serta memilih.
2)      Modelling. Siswa akan suka memperoleh tingkah laku baru bila disaksikan dan ditirunya. Pelajaran akan lebih mudah dihayati dan diterapkan oleh siswa jika guru mengupayakan mengajarkan dalam bentuk tingkah laku model, bukan hanya dengan mencerahkan atau menceritakan secara lisan. Dengan model tingkah laku itu, siswa dapat mengamati dan menirukan apa yang diinginkan oleh guru. 
3)      Komunikasi Terbuka. Siswa lebih suka belajar apabila penyajian terstruktur supaya pesan-pesan guru terbuka terhadap pengawasan siswa.
4)      Prasyarat. Apa yang telah dipelajari oleh siswa sebelumnya mungkin merupakan faktor penting yang dapat menentukan keberhasilan siswa dalam belajar. Karena itu hendaknya guru berusaha mengetahui atau mengenali prasyarat- prasyarat yang telah mereka miliki. Siswa yang berada dalam kelompok yang bersyarat akan mudah mengamati hubungan antara pengetahuan yang sederhana yang telah mereka miliki dengan pengetahuan yang kompleks yang akan dipelajari.
5)      Novelty. Siswa akan lebih senang belajar bila perhatiannya ditarik oleh penyajian-penyajian yang baru (Novelty) atau masih asing.
6)      Latihan atau Praktik yang Aktif dan Bermanfaat. Praktik secara aktif berarti siswa mengerjakan sendiri, bukan mendengarkan ceramah dan mencatat pada buku tulis.
7)      Latihan Terbagi. Siswa lebih senang belajar, jika latihan di bagi menjadi sejumlah kurun waktu yang pendek. Latihan yang demikian akan meningkatkan motivasi siswa dalam belajar dibandingkan dengan latihan yang dilakukan sekaligus dalam jangka waktu yang panjang.
8)      Kurangi secara sistematis Paksaan belajar. Akan tetapi bagi siswa yang sudah mulai menguasai pelajaran, maka secara sistematis pemompaan itu dikurangi dan akhirnya siswa dapat belajar sendiri.
9)      Kondisi yang menyenangkan. Siswa akan lebih senang melanjutkan belajarnya jika kondisi pengajarannya menyenangkan[13]

D.    Aqidah Akhlak   
1.    Pengertian Akidah
Hasan al-Banna mengatakan bahwa aka’id ( bentuk jamak dari akidah) artinya beberapa perkara yang wajib diyakini kebenarannya oleh hatimu, mendatangkan ketenteraman jiwa, menjadi keyakinan yang tidak bercampur sedikitpun dengan keragu-raguan.[14]
Abu Bakar Jabir al-Jazairy mengatakan akidah adalah sejumlah kebenaran yang dapat diterima secara umum oleh manusia berdasarkan akal, wahyu dan fitrah.[15]
Jadi, dari dua pendapapat di atas dapat disimpulkan bahwa Akidah Islam ialah kepercayaan dan keyakinan terhadap Allah sebagai rabb dan ilah serta beriman dengan nama-namaNya dan segala sifat-sifatNya juga beriman dengan adanya malaikat, kitab-kitab, para Rasul, Hari Akhirat dan beriman dengan taqdir Allah sama ada baik atau buruk termasuk juga segala apa yang dating dari Allah. Seterusnya patuh dan taat pada segala ajaran dan petunjuknya. Oleh itu, akidah Islam ialah keimanan dan keyakinan terhadap Allah dan RasulNya serta apa yang dibawa oleh Rasul dan dilaksanakan dalam kehidupan
2.    Pengertian Akhlak
Akhlak menurut Asmaran (1992: 1) adalah sifat yang dimiliki manusia sejak lahir yang selalu ada padanya. Prof.Dr.Ahmad Amin mengatakan bahwa “akhlak adalah kebiasaan kehendak”[16]
Kata akhlak berasal dari kata jamak "Alkhuluku" atau "Al-khalku" yang bermakna "kejadian". Kedua kata tersebut berasal dari kata "Khalaka" yang mempunyai arti "menjadikan". Dari kata "Khalaka" inilah timbul bermacam­macam kata seperti : Al- khulku yang mempunyai makna "budi pekerti", Al­Khalik bermakna "Tuhan Pencipta Alam" .
3.    Jenis - Jenis Akhlak
Pada dasarnya perbuatan manusia ada yang baik dan ada buruk. Perbuatan yang baik disebut dengan akhlak yang baik dan identik dengan sifat para Nabi dan orang - orang shiddiq, sedangkan perbuatan yang buruk disebut dengan akhlak tereela atau buruk. Maka pada hakikafiya akhlak ada dua, yaitu akhlak yang baik atau terpuji (Al -Akhlaaqul Mahmuudah) dan akhlak yang buruk atau tercela (Al -Akhlaaqul Madzmuumah).
4.    Pembelajaran Aqidah akhlak
Allah SWT sang pencipta dan pengatur alam semesta dengan kemahakuasaannya. Menciptakan manusia dari setetes air mani dengan kekuasaannya kita menjadi manusia yang sempurna, banyak sekali kenikmatan yang di berikan Allah SWT kepada manusia tetapi manusia kurang begitu mensyukuri apa yang telah diberikan-Nya. Manusia diberi akal untuk berfkir atas semua yang ada dimuka bumi, dilaut dan diluar angkasa, dimana semua itu ada yang mengatur dan menciptakannya tiada lain adalah Allah SWT dengan segala sifat-sifat-Nya.
Secara umum sifat-sifat Allah dapat dibagi kedalam tiga macam, yaitu:
a.    Sifat Wajib Allah, merupakan sifat yang pasti dimiliki Allah SWT.
b.   Sifat Mustahil Allah, merupakan sifat yang pasti tidak dimiliki Allah SWT.
c.    Sifat Jaiz Allah, merupakan sifat kewenangan Allah, yaitu Allah SWT bebas untuk melakukan sesuatu ataupun tidak melakukan sesuatu.
E.       Hipotesis
Berdasarkan pada permasalahan dalam penelitian tindakan yang berjudul " PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS AKTIVITAS UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR AQIDAH AKHLAK  kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Muallimin NW Kelayu yang dilakukan oleh peneliti, dapat dirumuskan hipotesis tindakan sebagai berikut : Jika strategi pembelajaran yang selama ini digunakan oleh guru Madrasah Tsanawiyah dalam kegiatan belajar mengajar siswa kelas VII MTs Muallimin NW Kelayu, diganti dengan strategi pembelajaran berbasis aktivitas, maka dimungkinkan akan berpengaruh terhadap peningkatan motivasi belajar dan diikuti dengan prestasi belajar aqidah akhlak


BAB III
METODOLOGI PENELITIAN
A.    Jenis penelitian
Jenis Penelitian yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Clasroom Action Research). Secara singkat Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah suatu pencermatan terhadap kegiatan belajar berupa sebuah tindakan, yang sengaja dimunculkan dan terjadi dalam sebuah kelas secara bersama.[17]
Penelitian tindakan kelas merupakan suatu cara memperbaiki dan meningkatkan profesionalisme guru, karena guru merupakan orang yang paling tahu mengenai segala sesuatu yang terjadi dalam pembelajaran[18]. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam PTK ini adalah pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian kualitatif pada dasarnya merupakan suatu proses penyelidikan, dari sebuah penyelidikan akan dihimpun data-data utama dan sekaligus data tambahannya. Sumber data utama dalam penelitian kualitatif adalah kata-kata dan tindakan.
B.     Tempat dan Waktu Penelitian
1.      Tempat Penelitian
Tempat penelitian tentang Sifat-Sifat Allah SWT terhadap motivasi berprestasi dan penguasaan konsep siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak semester I kelas VII MTs. Mu’allimin NW Kelayu tahun pelajaran 2013/2014.
2.      Waktu Penelitian
Penelitian ini akan dilaksanakan selama tiga bulan terhitung dari tanggal 03 Juli sampai dengan tanggal 03 September tahun pelajaran 2013/2014.
C. Prosedur Penelitian
Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII M.Ts Mu’allimin NW Kelayu. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas yang ingin mengungkap seberapa tinggi Tingkat efektifitas Pendekatan berbasis aktivitas dalam menumbuhkan motivasi belajar aqidah akhlak pokak bahasan sifat-sifat Allah pada siswa kelas VII. Penelitian ini dilakukan tiga siklus, masing-masing siklus terdiri dari tiga tatap muka (pertemuan)
Gambar I. Bagan Rencana Pelaksanaan PTK
Siklus I Terdiri Dari 3 Kali Pertemuan
Refleksi awal
Perencanaan
Observasi
Tindakan
Perencanaan
Refleksi  
Siklus II Terdiri Dari 3 Kali Pertemuan
Observasi
Tindakan
Refleksi
Perencanaan
Siklus III Terdiri Dari 3 Kali  Pertemuan
Observasi
Tindakan
 







Proses Penelitian Tindakan
Refleksi awal, kelas VII smester I materi Aqidah Akhlak sangat pasip, siswa hanya mendengar dan menyimak, bagaimana guru dapat meningkatkan motivasi belajar agar siswa aktip?
1. Perencanaan
Meliputi penyampaian materi Aqidah Akhlak khususnya sifat-sifat Allah, latihan dengan mengerjakan beberapa soal, pembahasan latihan soal, keaktifan siswa dalam menjawab pertanyaan dan motivasi siswa.
2. Tindakan (action) kegiatan mencakup
a.   Siklus I dimulai dari refleksi awal, kemudian dilanjutkan dengan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi akhir.
b.   Siklus II (sama dengan siklus I )
c.   Siklus III ( sama dengan siklus II )
3. Observasi (pengamatan)
Pada tahap ini peneliti akan mengadakan pengamatan hasil belajar siswa dari keaktifan siswa yaitu :
1). Keaktifan siswa dalam diskusi
2). Banyaknya siswa yang bertanya
3). Banyaknya siswa yang menjawab pertanyaan guru/siswa lain
4). Memberikan pendapat
4. Refleksi
Pada kegiatan akhir tiap siklus perlu adanya pembahasan antara siklus-siklus tersebut untuk dapat menentukan kesimpulan atau hasil penelitian.
D. Teknik Pengumpulan Data
Dalam penelitian tindakan ini peneliti menggunakan beberapa prosedur pengumpulan data agar memperoleh data yang objektif. Beberapa teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini, antara lain:
1.   Metode Observasi
Kerlinger mengatakan bahwa mengobservasi adalah suatu istilah umum yang mempunyai arti semua bentuk penerimaan data yang dilakukan dengan cara merekam kejadian, menghitungnya, mengukurnya, dan mencatatnya.[19] Pengamatan dan pencatatan yang dilakukan terhadap objek ditempat terjadi atau berlangsungnya peristiwa.
Observasi adalah pengamatan yang dilakukan secara sengaja mengenai phenomena sosial dengan fisikis untuk kemudian dilakukan pencatatan.[20]
Ada dua observasi yang dilakukan oleh peneliti dalam penelitian tindakan ini, diantaranya : (I) Obsevasi langsung, adalah pengamatan yang dilakukan dimana observer berada bersama dengan objek yang selidiki. Artinya peneliti ikut berpartisipasi secara langsung saat peristiwa terjadi. (2) Obsevasi tidak langsung, adalah observasi yang dilakukan dimana observer tidak berada bersama dengan objek yang diselidiki. Tetapi, peneliti menggunakan daftar cek(Check List) dalam menggali atau mengumpulkan data ketika menggunakan terknik ini.
2.   Interview / Wawancara
Wawancara adalah peruses Tanya jawab dalan pennelitian yang berlangsung secara lisan dalam mana dua orang atau lebih bertatap muka mendengarkan secara langsung informasi-informasi atau keterangan-keterang.[21]
Wawancara atau interviu merupakan salahsatu bentuk teknik pengumpulan data yang banyak digunakan dalam penelitian deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif.[22]
Wawancara juga merupakan salah satu prosedur terpenting untuk mengumpulkan data dalam penelitian kualitatif, sebab banyak informasi yang diperoleh peneliti melalui wawancara. Wawancara dilakukan peneliti untuk memperoleh data sesuai dengan kenyataan pada saat peneliti melakukan wawancara. Wawancara dalam penelitian ini ditujukan kepada siswa kelas VII dan guru - guru kelas VII Madrasah Tsanawiyah Muallimin NW Kelayu.
3.   Dokumentasi
…..dokumentasi yaitu mencari data mengenai hal-hal atau variable yang berupa catatan, transkrip, buku, surat kabar, majalah prasasti, notulen rapat, lengger, agenda, dan sebagainya.[23]
Zuriah (2003), menjelaskan bahwa dokumentasi merupakan salah satu cara untuk mengumpulkan data melalui peninggalan tertulis, terutama berupa arsip-arsip dan termasuk juga buku-buku tentang pendapat, teori, dalil, atau hukum -hukum lain yang berhubungan dengan masalah penelitian.
E.     Teknik Analisis Data
Apabila data telah terkumpul, maka data diklasifikasikan menjadi dua kelompok yaitu data kualitatif yang disajikan dalam bentuk pernyataan-pertnyataan dengan menggunakan teknik sebagai berikut:
a.       Deduksi yaitu metode analisis data yang bertitik tolak dari pengetahuan dan fakta-fakta yang bersifat umum kemudian mengambil kesimpulan yang bersifat khusus.
b.      Induksi adalah metode analisis yang bertitik tolak dari pengetahuan dan fakta-fakta yang bersifat khusus kemudian mengambil kesimpulan yang bersifat umum. Sedangkan data yang diperoleh dalam bentuk angka-angka diolah dengan menggunakan rumus sebagai berikut:
Keterangan : P = Presentasi
F = Frekuensi
N = Jumlah Sampel



















BAB IV
HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A.    HASIL PENELITIAN
1.      Gambaran umum lokasi penelitian
MTs. Mu’alimin NW Kelayu dalam sejarah perkembangannya pada mulanya merupakan madrasah Mu’alimin-Mu’alimat 6 tahun NW Kelayu yang diresmikan berdirinya pada tanggal 17 Agustus 1965, oleh pengurus organisasi anak cabang NW Kelayu.
Dalam perkembangan selanjutnya pada tahun 1979 atas anjuran pengurus besar organisasi NW KH. M.Zainudddin Abdul Majid, madrasah ini dibagi dua yaitu:
a.    Madrasah Mu’alimin 6 tahun, siswa untuk putra dan tempat belajarnya di reban julu.                                                        
b.   Madrasah Mu’alimat 6 tahun, siswa khusus untuk putri dan lokasi belajarnya di koko’ lauq (Muh. Anwar BA, kepala MTs Mu’alimin Kelayu, wawancara 30 Agustus 2013.)
Pada tahun 1961, atas anjuran Departemen Agama Lombok Timur, Madrasah Mu’alimin-Mu’alimat 6 tahun dibagi lagi menjadi dua tingkat yaitu:
a.    Madrasah Tsanawiyah dengan lama belajar 3 tahun.
b.   Madrasah Aliyah dengan masa belajar 3 tahun.
Sejak saat itu Madrasah Tsanawiyah Mu’alimin-Mu’alimat 6 tahun menjadi empat bagian dan masing-masing madrasah tersebut menjadi madrasah yang terdaftar pada kantor Departemen Agama pada tahun 1992-1993 statusnya meningkat menjadi diakui dan pada tahun 2007 statusnya menjadi terakreditasi B dengan piagam nomor 43/AKT.MTs/b/VIII/2007.Hal ini menunjukan madrasah tersebut semakin meningkat, baik dari gedungnya, tenaga pendidiknya, maupun lulusannya.
Pada tanggal 25 Desember 1990 diresmikan berdirinya Madrasah Mu’alimin-Mu’alimat NW Kelayu oleh Al-Magfurlahu TGKH M. Zainuddin Abdul Majid, Pancor. Sejak saat itu baik madrasah Tsanawiyah maupun Madrasah Aliyah NW Kelayu bersama-sama dengan Madrasah lainnya yang ada di Kelurahan Kelayu dari tinggkat Taman Kanak-Kanak samapai tingkat Lanjutan bernaung di bawah Pondok Pesantren Darussa’adatain NW Kelayu.
Madrasah Tsanawiyah Mu’alimin NW Kelayu sejak berdirinya dipimpin oleh tiga kepala Madrasah yaitu :
1.      H. M. Ikliluddin, sejak tahun 1965 sampai tahun 1987
2.      H. Nasruddin, sejak tahun 1987 sampai tahun 1997
3.      H. Muh. Anwar BA, sejak tahun 1997 sampai sekarang.
Lama menjadi kepala madrasah ditentukan oleh pengurus Pondok Pesantern Darussa’adatain NW Kelayu.
Gedung Madrasah Tsanawiyah Mu’allimin NW Kelayu berada di jalan TGH. Umar Kelayu diatas tanah wakaf seluas 1666 m2 dengan luas bangunan 555 m2 dengan batas-batas sebagai berikut :
Ø  Sebelah Utara adalah SDN No. 01 Kelayu Selatan yang dibatasi dengan jalan lorong
Ø  Sebelah Selatan adalah perkampungan penduduk
Ø  Sebelah Barat adalah perkampungan penduduk
Ø  Sebelah Timur adalah perkampungan penduduk
Melihat dari lokasi, maka gedung Madrasah Tsanawiyah Mu’allimin NW Kelayu sangat dekat dengan perkampungan penduduk, tetapi proses belajar mengajarnya berlangsung aman dan lancar. Hal ini karena perkampungan sangat aman disamping, disamping itu pula lingkungan sekolah di kelilingi oleh dinding yang cukup tinggi, sehingga proses belajar mmengajar tidak terganggu.
Berdasarkan hal tersebut diatas dapat disimpulkan bahwa keadaan lingkungan Madrasah Tsanawiyah Mu’allimin NW Kelayu sudah memenuhi syarat sebagai tempat proses belajar mengajar.
Madrasah Tsanawiyah Mu’allimin NW Kelayu yang terletak di kelayu selatan ini, kini memiliki gedung sendiri dan memiliki sarana dan prasarana yang cukup untuk meunjang lancarnya proses belajar mengajar.
Adapun mengenai sarana dan prasarananya terlihat pada tebel di bawah ini:
TABEL
DAFTAR KEADAAN GURU PERSONALIA
MADRASAH TSANAWIYAH MU’ALLIMIN NW KELAYU
TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013
NO.
NAMA GURU
L/P
JABATAN
PENDIDIKAN TERAKHIR
1
H. Muh. Anwar, BA
L
Kepala Madrasah
Sarmud IAIN
2
Imron Hamidi, S.Pd
L
Wakaur Kurikulum
S1 BP
3
Rohmati, S.Ag
P
Wakaur Kesiswaan
S1 Tarbiyah
4
Muh. Usuluddin, S.Pd
L
Pemb. OSIS
S1 Bhs. Inggirs
5
Lalu Buniamin, S.Pd
L
Kepala LAB IPA
S1 Matematika
6
Zulfa Laila, S.Ag
P
Kepala Perpustakaan
S1 Sariyah
7
Nasrul Hamdi, S.PdI
L
Bendahara
S1 Tarbiyah
8
Nailiatul Ulwi, S.Pd
P
Wali Kelas
S1 PPKn
9
Nur Laila Hikmah, S.Pd
P
Wali Kelas
S1 Matematika
10
Nirmala Imtihana, S.Pd
P
Wali Kelas
S1 B. Indonesia
11
Muh Husni, S.Pd
L
Guru
S1 Biologi
12
Asropuddin, QH
L
Guru
Ma’had DQH
13
Husnul Amri, QH
L
Kepala Tata Usaha
Ma’had DQH
14
M. Jihadil Wathan
L
GuruStap Tata Usaha
SLTA
Sumber : Kantor Tata Usaha Madrasah Tsanawiyah Mu’allimin NW Kelayu., di kutip tanggal 26 Nopember 2012.
A.2 Proses Belajar Mengajar
 Kegiatan belajar mengajar di MTs. Mu’allimin NW Kelayu dilaksanakan pada pagi hari yakni dari jam 07.30 sampai 12.30. Bel masuk berbunyi pada pukul 07.15 menit. Sebelum memasuki kelas para siswa berkumpul di depan kelas dan melakukan doa bersama dan di lanjutkan dengan muhadaroh yang diwakili oleh seorang siswa dari masing-masing kelas sekitar 15 menit. Kegiatan tersebut dilaksanakan secara rutin, kecuali, setiap hari senin dilaksanakan kegiatan apel bendera dan khusus pada hari jum’at kegiatan imtaq selama 30 menit yang dirangkaikan dengan yasinan bersama, kemudian dilanjutkan dengan pelaksanaan solat duha. Satu jam pelajaran terhitung 35 menit dan kegiatan pembelajaran berakhir pada jam 13.30 menit dan khusus hari jum’at kegiatan pembelajaran berahir pada jam 11.15 menit.
Proses belajar mengajar hanya dilakukan pada pagi hari, karna di sore hari bangunan madrasah digunakan untuk peroses belajar mengajar Awaliah atau setingkat dengan MI/ SD. Kegiatan ekstrakurikuler memang ada di Madrasah ini tetapi sudah tidak aktif lagi bahkan kegiatan OSIS pun tidak berjalan atau bisa dikatakan tidak ada.
Berdasarkan hasil observasi yang peneliti lakukan proses belajar mengajar masih banyak guru yang menggunakan metode ceramah sehingga motivasi belajar siswa masih agak kurang. Walaupun sudah ada beberapa dari guru yang sudah menggunakan metode yang bervariasi.

2.      Hasil Penelitian
Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini diperoleh melalui metode observasi, angket dan tes. Metode observasi digunakan untuk mengumpulkan data aktivitas guru dan siswa, metode angket digunakan untuk mengumpulkan data tentang motivasi berprestasi siswa, sedangkan metode tes tertulis untuk mengumpulkan data kemampuan penguasaan konsep siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak pokok pembahasan Sifat-Sifat Allah SWT.
1.      Hasil Penelitian Siklus I
a.      Tahap Perencanaan
Tahap perencanaan tindakan ini dilakukan pada 30 Juli 2013 , dimana Peneliti melakukan observasi mengenai factor-faktor  penghambat atau masalah yang sering dialami oleh siswa dalam belajar, sehingga dari permasalahan tersebut Peneliti dapat merumuskan metode pembelajaran berbasis aktivitas sebagai solusi permasalahan.
Berdasarkan hasil pengamatan tersebut, maka Peneliti dapat merumuskan metode pembelajaran berbasis aktivitas untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Pada siklus I ini, alternative tindakan yang diambil, adalah dengan memilih model pembelajaran yang tepat dengan kondisi tersebut yaitu menggunakan model pembelajaran berbasis aktivitas dengan tahapan sebagai berikut :
1)      Menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran
2)      Peneliti bersama-sama dengan guru mendiskusikan “tindakan” yang akan dilakukan untuk memecahkan masalah yang ditemui
3)      Merancang dan menyusun scenario pembelajaran
4)      Peneliti menyiapkan bahan/ alat prkatik dan lembar kerja siswa yang dipergunakan dalam pembelajaran
5)      Membuat lembar observasi
6)      Mendesain alat evaluasi berupa soal-soal ulangan untuk mengetahui kemampuan analisis belajar siswa mata pelajaran Aqidah Akhlak pada pokok bahasan Sifat-Sifat Allah SWT sebagai target tercapainya tindakan pembelajaran
7)      Merencanakan analisis tes
b.      Tahap Pelaksanaan tindakan
Implementasi RPP merupakan tahap penerapan isi rencana pembelajaran yang dilakukan pada 13 Agustus 2013 dan dilanjutkan pada pertemuan berikutnya pada tanggal 20 Agustus 2013. Di mana pada tahap ini Peneliti melakukan tindakan-tindakan sesuai langkah-langkah perencanaan yang telah disusun, mulai dari apersepsi, kegiatan inti, yang dimana di dalam kegiatan inti guru menjelaskan pokok-pokok materi dan memberikan gambaran umum tentang materi pelajaran yang harus dikuasai yang selanjutnya siswa akan memperdalam materi dalam pembelajaran kelompok. Siswa diminta untuk belajar pada kelompoknya masing-masing yang telah dibentuk sebelumnya. Siswa diminta untuk mengungkapkan permasalahan yang kemudian dibahas bersama dengan bertukar pikiran sesama anggota kelompoknya. Salah satu siswa ditunjuk oleh anggota kelompok diminta untuk maju dan mengungkapkan hasil diskusi kelompok. Tahap ini diahiri dengan kegiatan penutup berupa pemberian kesimpulan dari siswa dan disempurnakan dengan kesimpulan dari guru.
Sebelum berahir pelajaran sekitar 15 menit guru melakukan evaluasi dengan memberikan beberapa pertanyaan kepada siswa untuk mengukur tingkat pemahaman siswa terhadap materi yang sudah dibahas sekaligus sebagi penguatan atas materi yang sudah dibahas. Untuk tindak lanjut dari evaluasi akan diadakan ulangan harian pada hari tertentu untuk mengukur tingkat keberhasilan dari model pembelajaran yang sudah diterapkan.
Pada tahap pelaksanaan tindakan pembelajaran sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Untuk dapat menyesuaikan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dalam penyampaian materi pembelajaran termasuk didalamnya menggunakan model pembelajaran berbasis aktivitas.
c.       Tahap Refleksi
Observasi dilakukan untuk mengetahui sejauh mana keterlaksanaan pembelajaran Aqidah Akhlak dengan menggunakan model berbasis aktivitas. Berdasarkan hasil pengamatan dan evaluasi pada siklus I yang dilaksanakan pada tanggal 21 Agustus 2013 terdapat temuan-temuan sebagai berikut:
a.    Tingkat kinerja siswa masih rendah, karena siswa masih belum terbiasa melakukan tanya jawab dalam proses pembelajaran.
b.    Masih ada sebagian besar siswa yang tidak mau mengikuti pelajaran dengan serius.
c.    siswa masih kaku dalam mempersentasi atau menanggapi hasil diskusi dari masing-masing kelompok.
d.   Siswa memiliki buku panduan belajar sendiri akan tetapi siswa masih kesulitan untuk memahami materi pelajaran yang disampaikan oleh guru.
e.    Masih ada beberapa siswa yang belum memanfaatkan waktu belajar dengan baik.
f.     Siswa belum aktif dalam mengerjakan soal latihan.
Untuk itu Peneliti melanjutkan pengamatan pada siklus II dengan memperbaiki kekurangan-kekurangan yang ada pada siklus I. tahap repleksi dilakukan pada malam hari, sehari setelah tahap implementasi dilakukan.
2.      Kegiatan Siklus II
a.   Tahap Perencanaan
Tahap perencanaan tindakan ini dilakukan pada 27 September 2013 sesuai dengan tindakan dan observasi pada siklus 1 yang masih menunjukan hasil yang standar, maka Peneliti perlu mengadakan perbaikan untuk mencapai hasil yang diharapkan, sehingga Peneliti melanjutkan ke siklus II, dengan tujuan agar hasil belajar  yang didapatkan sesuai dengan penilaian yang telah ditentukan. Hasil pada siklus I menunjukan bahwa penggunaan model pembelajaran berbasis aktivitas dalam meningkatkan prestasi belajar pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak menunjukan hasil yang belum maksimal, itu di tunjukan dengan masih ada beberapa siswa yang pasif selama proses belajar mengajar berjalan dan ada pula yang masih bermain pada saat belajar yang dapat berdampak pada nilai yang didapatkan rata-rata masih dibawah standar penilaian.
Dengan demikian, maka pada siklus II ini kegiatan pembelajaran lebih ditekankan pada masalah-masalah yang masih tidak bisa diselesaikan pada siklus I dengan menggunakan model pembelajaran yang sama yaitu model pembelajaran berbasis aktivitas. berdasarkan hal tersebut, maka Peneliti dapat merumuskan beberapa solusi dalam upaya meningkatkan prestasi belajar siswa, dengan langkah-langkah sebagai berikut:
a.      Memberikan motivasi pada siswa agar lebih aktif dan bersemangat dalam mengikuti pelajaran Aqidah Akhlak.
b.      Memberikan kesempatan kepada siswa untuk berekspresi dalam mengungkapkan keingintahuannya.
c.      Mengupayakan bimbingan yang lebih optimal kepada siswa pada saat proses belajar mengajar.
b.  Tahap Implementasi RPP
Tahap pelaksanaan tindakan siklus II ini dilakukan pada tanggal 3 September 2013, dimana pada tahap ini Peneliti melakukan kegiatan pembelajaran dengan pemberian materi yang lebih efektif dari pelaksanaan siklus I. Pelaksanaan tindakan siklus II adalah peningkatan dari siklus I dan lebih menitikberatkan pada poin-poin atau inti yang belum terpenuhi. Dimana pada saat proses pembelajaran ini dilaksanakan sesuai dengan rencana yang telah dibuat dengan langakah-langkah perbaikan sesuai dengan hasil refleksi dan evaluasi siklus I.
c.  Tahap Refleksi
Hasil pengamatan selama proses pembelajaran pada siklus II dilakukan pada tanggal 4 Sepetmber 2013, sehari setelah tahap implementasi dilakukan, secara umum proses pembelajaran sudah berjalan dengan baik, dimana kekurangan-kekurangan yang terjadi pada siklus I sebagian besar dapat diperbaiki walaupun masih terdapat beberapa kekurangan-kekurangan. Setelah melihat hasil yang diperoleh pada siklus II ini, terjadi peningkatan motivasi belajar siswa pada saat proses pembelajaran berlangsung. Berdasarkan kriteria penilaian pada siklus II sudah ada peningkatan, dimana pada siklus I rata-rata siswa berada pada skor 75 meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata siswa berada pada skor 79 . Sedangkan siswa yang mencapai nilai KKM (75) keatas, untuk standar ketuntasan belajar ranah afektif sekitar 80 % dari keseluruhan siswa, ini masih di anggap kurang sehingga perlu di lanjutkan ke siklus berikutnya. Peningkatan proses dan prestasi belajar yang telah dicapai pada siklus II ini tidak terlepas dari upaya Peneliti dalam memperbaiki kekurangan-kekurangan pada siklus I dan juga adanya masukan-masukan serta kritik dari guru tentang kekurangan selama proses pembelajaran untuk perbaikan pada siklus berikutnya, sehingga mendapatkan hasil yang di inginkan sesuai dengan tujuan pembelajaran. Hal penting yang dapat dilihat dari hasil observasi pada siklus ke II ini adalah:
1.      Motivasi belajar siswa lebih meningkat dari sebelumnya.
2.      Bimbingan yang diberikan guru dapat membantu siswa dalam proses pembelajaran, saat diskusi maupun saat pemberian tugas.
3.      Kegiatan Siklus III
a.   Tahap Perencanaan
Sesuai dengan hasil obserrvasi dan tindakan pada pengamatan pada siklus II maka penelitian ini dilanjutkan dengan melaksanakan tindakan siklus III yang dilakukan pada 10 September 2013. Hal tersebut disebabkan karna ada beberapa siswa pada siklus II yang belum mencapai hasil yang diharapkan atau belum tuntas. Dengan demikian penilitian lebih di fokuskan pada beberapa siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami materi pembelajaran dengan  remedial.
Berdasarkan pemantauan Peneliti pada siklus sebelumnya, maka Peneliti dapat merumuskan solusi sebagai upaya meningkatkan prestasi belajar siswa yaitu:
a.    Melakuan pendekatan untuk mengenal kepribadian siswa.
b.    Para siswa diberikan motivasi dan bimbingan yang lebih terarah pada siswa yang masih mengalami kesulitan dalam belajar.
c.    Melaksanakan rencana pembelajaran lebih efektif dan terarah sehingga lebih baik dari siklus sebelumnya.
d.   Memberikan tugas-tugas tambahan yang berkaitan dengan materi pembelajaran
Dalam pelaksanaan tindakan pada siklus III, Peneliti melaksanakan kegiatan pembelajaran lebih terfokus pada siswa yang masih belum mencapai hasil yang baik. Hal ini di sebabkan karena kemampuan siswa berbeda-beda. Siswa yang lebih mampu dapat membantu siswa lain yang masih kurang dalam menyelesaikan tugasnya terutama pada  saat berdiskusi.
b.   Tahap Implementasi RPP
Dalam tahap pelaksanaan tindakan siklus III ini dilakukan pada 17 September 2013, Peneliti melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan materi yang lebih efektif dari pelaksanaan siklus II. Pelaksanaan tindakan siklus III hampir sama dengan siklus II namun lebih menitik beratkan pada poin-poin atau inti yang belum terpenuhi. Dimana pembelajaran dilaksanakan sesuai dengan rencana dan tahapan-tahapan yang telah dibuat pada siklus I sesuai  RPP dengan langkah-langkah perbaikan dengan hasil refleksi dan evaluasi siklus II.

c.    Tahap Refleksi
Motivasi belajar siswa pada siklus III ini, Peneliti sudah melihat adanya peningkatan hasil belajar siswa apabila dibandingkan pada siklus I dan II. Dimana siswa mulai bersemangat dan aktif dalam mengikuti proses pembelajaran Aqidah Akhlak, pengukuran prestasi belajar siswa yang didapatkan dengan menggunakan tes uraian menunjukkan adanya peningkatan yang cukup  yakni nilai rata-rata siswa meningkat dari 79 di siklus II menjadi 87 disiklus III ini. Hal ini dapat dikategorikan dalam kategori tinggi, sedangkan siswa yang mendapatkan nilai 75 keatas sudah mencapai 100%. Dengan melihat hasil motivasi belajar siswa yang sudah memenuhi kriteria yang telah ditetapkan sejak awal yang mana pelaksaannya dilakukan dalam III siklus, dan pada siklus III sudah mencapai hasil yang diinginkan maka Peneliti tidak perlu lagi melakukan proses pembelajaran ke siklus berikutnya. Tahap ini dilakukan pada malam hari setelah tahap implementasi pada siklus ke III dilaksanakan pada tanggal yang sama.



B.     PEMBAHASAN
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi berprestasi dan penguasaan konsep siswa mata pelajaran Aqidah Akhlak kelas VII pada pokok bahasan Sifat-sifat Allah SWT di MTs. Mu’allimin NW Kelayu.
Pembelajaran dengan model berbasis aktivitas ini memberikan kesempatan optimalisasi siswa dalam proses pembelajaran dengan memberikan dorongan-dorongan kepada siswa sehingga mampu meningkatkan motivasi berprestasi siswa pada proses pembelajaran berlangsung dan meningkatkan kemampuan analsis pada diri peserta didik.
Pembelajaran Aqidah Akhlak melalui model pembelajaran berbasis aktivitas ini diawali dengan presentasi kelas oleh guru, yaitu menyampaikan materi dengan jelas dan singkat. Setelah presentasi guru, siswa berkelompok berdiskusi, bekerja sama dan saling membantu satu sama lain dalam mengintegrasikan pengetahuan-pengetahuan baru dengan pengetahuan yang telah dimilikinya. Kelompok diskusi yang digunakan dalam penelitian ini beranggotakan 4-5 orang siswa. Kelompok di bentuk berdasarkan absensi. Hal ini dilakukan untuk menarik minat siswa dalam proses belajar mengajar.
Motivasi berprestasi merupakan daya dorong yang terdpat dalam diri seseorang sehingga orang tersebut berusaha untuk melakukan suatu tindakan/kegiatan dengan baik dan berhassil dengan predikat unggul, dorongan tersebut dapat berasal dari dalam dirinya atau berasal dari luar dirinya, dan merupakan konsep personal yang merupakan faktor pendorong untuk meraih sesuatu yang diinginkannya agar meraih kesuksesan.
Sedangkan penguasaan konsep merupakan kemampuan siswa dalam memahami konsep-konsep setelah kegiatan pembelajaran. Penguasaan konsep juga dapat diartikan sebagai kemampuan siswa dalam memahami makna secara ilmiah, baik konsep secara teori maupun penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
Berdasarkan nilai tes akhir siklus, terjadi peningkatan dari siklus I, ke siklus II dan siklus III. Dalam siklus I nilai rata-rata siswa 75, siklus II nilai rata-rata siswa 79, dan pada siklus III mengalami peningkatan yang sangat baik dengan nilai rata-rata 87 . dari segi persentasi ketuntasan belajar siswa dalam satu kelas, ketuntasan belajar siswa pada siklus II lebih tinggi dari siklus I dan siklus III lebih tinggi dari siklus II, yakni pada siklus I dengan nilai 75, siklus II 79, dan siklus III 87, maka ini bisa dikatakan memuaskan sehingga dari hasil siklus III ini sudah melebihi target dalam penelitian, sehingga tidak perlu lagi dilanjutkan dalam siklus berikutnya.
Berdasarkan hipotesis maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis aktivitas dapat meningkatkan motivasi berprestasi dan penguasaan konsep siswa mata pelajaran Aqidah Akhlak pokok pembahasan Sifat-sifat Allah SWT di MTs. Mu’allimin NW Kelayu tahun pelajaran 2013/2014.


BAB V
SIMPULAN DAN SARAN
A.    SIMPULAN
Dari hasil pelaksanaan tindakan yang mengacu pada tujuan yang hendak dicapai, melalui serangkaian pelaksanaan sejak observasi sampai penulisan laporan ini, Peneliti dapat menarik kesimpulan bahwa model pembelajaran berbasis aktivitas yang menggunakan metode diskusi dapat meningkatkan hasil atau prestasi belajar siswa khususnya mata pelajaran Aqidah Akhlak. Melalui penerapan metode diskusi proses pembelajaran tidak hanya terfokus pada guru, namun lebih ditekankan pada keaktifan siswa.
Berdasarkan hasil yang telah diperoleh pada III siklus yang telah dilaksanakan, model pembelajaran berbasis aktivitas yang menggunakan metode diskusi dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak kelas VII MTs. Mu’allimin NW Kelayu, hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata siswa pada setiap siklus dimana pada siklus I nilai rata-rata siswa berada pada skor -- dan meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata -- dengan persentase ketuntasan sebesar 75%, kemudian pada siklus III nilai rata-rata siswa meningkat menjadi -- dengan presentase ketuntasan mencapai 100%.

B.     SARAN
Berdasarkan kesimpulan di atas, Peneliti mengajukan beberapa saran sebagai berikut :
1.      Kepada Kepala Sekolah
Diharapkan pihak sekolah dapat memberikan perhatian dan motivasi terhadap guru-guru khususnya agar selalu memberikan pengarahan untuk menggunakan metode pembelajaran yang bervariatif dalam proses belajar mengajar di sekolah.
2.      Kepada Guru
-       Sebelum kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran berbasis aktivitas ini di terapkan hendaknya diperhatikan dan dipertimbangkan kelebihan dan kekurangan dari model pembelajaran tersebut.
-       Diharapkan guru mata pelajaran lebih menguasai startegi pembelajaran sehingga dalam mengajar dapat menggunakan metode atau strategi yang bervariasi sehingga siswa tidak mengalami kesulitan dalam penyerapan materi terutama untuk materi pelajaran Aqidah Akhlak, hal ini perlu dilakukan agar siswa tidak merasakan jenuh akibat dari strategi yang digunakan bersifat monoton.
-       Guru dalam hal ini wali kelas juga harus memperhatikan perkembangan akademik dari siswa agar mengetahui sebenarnya siswa mengerti atau tidak dengan semua mata pelajaran yang ditempuhnya.
-       Dalam proses belajar mengajar hendaknya guru selalu memberikan motivasi kepada siswa.
3.      Siswa
-       Disarankan agar siswa lebih rajin lagi belajar dan sering mengadakan diskusi kelompok agar pelajaran dapat benar-benar dipahami dan dimengerti, khususnya di mata pelajaran Aqidah Akhlak.
-       Untuk mengoptimalkan kemampuan siswa, hendaknya kegiatan belajar mengajarr lebih merangsang siswa untuk lebih termotivasi.
-       Dalam proses belajar mengajar hendaknya siswa lebih aktif bertanya dan berpendapat.
4.      Bagi sekolah
-       Diharapkan guru terus memberikan kontribusi dalam hal model pembelajaran yang bisa digunakan oleh guru-guru di sekolah guna meningkatkan mutu pendidikan di kabupaten Lombok timur umumnya dan di MTs. Mu’allimin NW Kelayu khususnya.
-       Diharapkan guru mampu menggunakan model pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi berprestasi dan penguasaan konsep siswa.
5.      Bagi peneliti lain
-       Kepada peneliti lain semoga dapat menindak lanjuti penelitian ini dan meneliti aspek yang lain belum diteliti dalam penelitian ini.
LAMPIRAN-LAMPIRAN

DAFTAR PUSTAKA
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Edisi VI. PT Rineka Cipta, Jakarta
Asra, Sumiati, M. Ed. 2009. Metode Pembelajaran. CV Wacana Prima, Bandung
Arikunto, Suharsimi dkk, 2009. Penelitian Tindakan Kelas . PT. Bumi Aksara: Jakarta
Daradjah, Zakiah. 2004. Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam. PT Bumi Aksara, Jakarta
Djamarah, Bahri Syaiful. 2008. Psikologi Belajar. Rineka Cipta, Jakarta
Drs. H. AF Masan, M.Pd. 2009. Pendidikan Agama Islam Aqidah Akhlak. PT. Karya Toha Putra. Semarang
Hamalik, O. 2002. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem, PT. Bumi Aksara, Jakarta
Hamalik, Oemar. 2002. Psikologi Belajar dan Mengajar, Penerbit Sinar Baru Algensindo, Bandung

Litianio, Subage. 1991. Metodelogi Penelitian Dalam Teori Dan Praktik. Rineka Cipta, Jakarta
Mulyasa, 2008. Menjadi Guru Perofesional,Menciptakan Pembelajaran Yang Kreatif Dan Menyenangkan. PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.
Mubarok, Latif Zaky Dkk. 1998. Akidah Islam. UII Press Jogjakarta, Jogjakarta
Riyanto, Yatim. 2001. Metodelogi Penelitian Pendidikan. Penerbit SIC. Surabaya.
Rasyid Ridha Ahcmad, dkk. 2008. Aqidah Akhlak. Media Karma. Solo
Narbuko, Cholid Dkk. 2012. Metodologi penelitian. Bumi Aksara, Jakarta
http://www.scribd.com/doc/40222401/Pengertian-Penelitian-Kualitatif
http://mari-berkawand.blogspot.com/2011/03/pengertian-pendekatan-pembelajaran.html
http://rikiantobaeng.blogspot.com/2013/05/pengertian-aktivitas-siswa.html



[1] http://hasanjoen.blogspot.com/2010/11/contoh-proposal-ptk-aqidah-akhlaq.html
[2] Siti Badriah, 2008 dalam http://.blogspot.com/2010/11/contoh-proposal-ptk-aqidah-akhlaq.html

[3] http://mari-berkawand.blogspot.com/2011/03/pengertian-pendekatan-pembelajaran.html
[4] http://rikiantobaeng.blogspot.com/2013/05/pengertian-aktivitas-siswa.html
[5] Syaiful Bahri Djamarah. Psikologi belajar. Edisi II. (Jakarta: Rineka Cipta, 2008 ) hal. 148
[6] http://aqidahakhlak4mts.wordpress.com/tag/pengertian-akidah-akhlak
[7] http://mbahbrata-edu.blogspot.com/2009/12/pengertian-pendekatan-strategi-metode.html
[8] Zakiah Daradjat. Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam. (Jakarta : PT Bumi Aksara, 2004) hal. 138
[9] Syaiful Bahri Djamarah. Psikologi belajar. Edisi II. (Jakarta: Rineka Cipta, 2008 ) hal. 148
[10] Sumiati, Asra, M. Ed. Metode pembelajaran. (Bandung : CV Wacana Prima, 2009) hal. 59
[11] Ibid.hal. 151
[12] http://hasanjoen.blogspot.com/2010/11/contoh-proposal-ptk-aqidah-akhlaq.html
[13] Hamalik, O. 2002. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan PendekatanSistem,PT. Bumi Aksara jakarta
[14] Zaky Mubarok Latif Dkk. Akidah Islam. (Jogjakarta: UII Press Jogjakarta, 1998) hal. 29
[15] Ibid.hal. 29
[16] http://angdyah.blogspot.com/
[17] Suharsimi Arikunto,dkk, Penelitian Tindakan Kelas (Jakarta: PT. Bumi aksara, 2009), hal. 3
[18] E.mulyasa, menjadi guru perofesional,menciptakan pembelajaran yang kreatif dan menyenangkan.(bandung :PT. Remaja Rosdakarya,2008). Hal 154
[19] Suharsimi Arikunto. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Edisi VI. (Jakarta:  PT Rineka Cipta, 2006) hal. 222
[20] Subagelitianio. Metodelogi Penelitian Dalam Teori Dan Praktik, (Jakarta: Rineka Cipta, 1991) hal. 63
[21] Cholid Narbuko Dkk. Metodologi penelitian. (Jakarta: Bumi Aksara, 2012) hal. 83
[22] Nana Syaodih Sukmadinata. Metode Penelitian Pendidikan. (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2005) hal. 216
[23] Ibid. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Hal. 231

2 comments:

  1. insya allah bermanfaat,,aaamiiiiiin

    ReplyDelete
  2. Casino Review & Bonus - JTGHub
    Casino Review 2021 삼척 출장안마 | Get 의정부 출장샵 100% up to $1000 + 25 free spins! Play slots, 진주 출장샵 blackjack, roulette, video poker. Sign up to receive bonus 광양 출장마사지 codes and start 과천 출장마사지

    ReplyDelete